Ciptakan Pelayanan Publik yang berkualitas, Pemkab Lobar lakukan Pembinaan

Foto untuk : Ciptakan Pelayanan Publik yang berkualitas, Pemkab Lobar lakukan Pembinaan
Share

Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pemerintah Daerah, pasal 221 menyebutkan bahwa kecamatan dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat baik desa maupun kelurahan sehingga Camat sebagai pimpinan tertinggi di kecamatan harus dapat mengkoordinasikan semua urusan pemerintahan serta memberikan pelayanan publik di kecamatan dan mampu memberdayakan masyarakat desa maupun kelurahan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Pembinaan Kabupaten Lombok Barat, Drs. Fathurrahman, M.Si ketika membuka kegiatan pembinaan perangkat kecamatan di Aula Kantor Camat Lingsar, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan yang berintegritas, efektif dan efisien di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Barat, Rabu (3-7-2019).

Sasaran Reformasi Birokrasi adalah mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien dan birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

“Pegawai Negeri Sipil diharapkan dapat melakukan perubahan dari zona nyaman ke zona kompetitif, dimana PNS harus bisa mengubah pola pikir (mindset), memiliki budaya kerja yang lebih baik serta membekali diri dengan berbagai keahlian,” ujarnya.

Kepada PNS/ASN, Fathur  berharap untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan cara membangun budaya melayani, membangun kesadaran bahwa fungsi utama pemerintah daerah adalah memberikan pelayanan pada masyarakat bukan lagi sebagai promotor, memperkuat unit-unit organisasi yang berhadapan langsung dengan masyarakat serta memperkuat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat sehingga pelayanan publik yang maksimal dan pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya dapat terwujud

Sambutan