Penilaian PATEN AWARD Kecamatan Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017

Foto untuk : Penilaian PATEN AWARD Kecamatan Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017
Share

Lingsar. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di kecamatan, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melakukan penilaian pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan penilaian Pelayanan PATEN di Kecamatan Lingsar dilaksanakan pada tanggal 26 September 2017 dengan mengunjungi secara langsung tempat pelayanan yang ada di Kecamatan Lingsar.

Camat Lingsar Rusditah, S.Sos. dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pada Pasal 9 ayat (1) ditetapkan bahwa dalam rangka mempermudah penyelenggaraan berbagai bentuk pelayanan publik, dapat dilakukan penyelenggaraan sistem pelayanan terpadu.“PATEN merupakan sistem pelayanan terpadu yang dibentuk dalam rangka mendekatkan, mempermudah, dan mempercepat pelayanan terhadap publik atau masyarakat di level paling dasar”. Imbuhnya. Ada beberapa inovasi pelayanan PATEN yang telah dilaksanakan oleh Kecamatan Lingsar, diantaranya adalah : Program Sejelo Nyambang Desa Jilid II, Pembinaan dan Sosialisasi melalui siara radio Darling FM Lingsar, Pembuatan SMS Center dan Pusat Pengaduan,dan pembentukan Tim Asistensi Laporan Keuangan.

Selanjutnya Ketua Tim Penilai dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan penilaian ini merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk melihat secara langsung perkembangan pelaksanaan PATEN di setiap kecamatan sejak dicanangkan. “Penilaian dilakukan dengan melihat secara langsung seberapa besar kesiapan petugas kecamatan dan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan tersebut. Ada beberapa indikator dari penilaian tersebut yang selanjutnya hasilnya akan menjadi evaluasi bersama dalam upaya meningkatkan pelayanan PATEN ke depan”. Tandasnya. Dengan adanya penilaian ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan inovasi bagi petugas layanan dalam meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Lombok Barat. (Jucky/Lingsar)

 

Sambutan