LOGO lingsar
Beranda > Artikel > 2 Penyakit Yang Sama Karena 1 Nyamuk (Demam Berdarah Dan Chikungunya)
Artikel

2 Penyakit Yang Sama Karena 1 Nyamuk (Demam Berdarah dan Chikungunya)

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 27 Okt. 2022 - Dilihat 831 kali

Demam Berdarah dan Chikungunya adalah dua penyakit yang dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit Chikungunya disebabkan oleh virus virus chikungunya yang termasuk dalam Togaviridae genus alphavirus. Sedangkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue.

Gejala yang timbul akibat DBD dan chikungunya bisa sangat mirip.

Pada Demam Berdarah penderita akan mengalami gejala kepala berat atau pusing, sakit pada sendi dan otot, nyeri menelan, batuk, perut tidak nyaman atau nyeri dibarengi mual, muntah ataupun diare, demam, perdarahan, dan syok. 
Siklus demamnya punya ciri khas, yaitu turun naik dengan pola menyerupai bentuk pelana kuda. Penderita akan mengalami fase demam tinggi antara 39-40 derajat Celsius. Kemudian turun, saat demam turun ini sebenarnya masuk fase kritis dengan gejala demam menurun drastis (kembali ke 37 derajat Celcius). 
Pada fase kritis ini, penderita berisiko mengalami shock syndrome yang ditandai dengan denyut nadi cepat dan lemah, gelisah, kesadaran menurun, ujung tangan dan kaki terasa dingin, bibir kebiruan, serta wajah pucat dan tubuh berkeringat.

Sementara itu, untuk pola demam chikungunya, tidak ada pola khusus seperti demam berdarah. Penyakit ini juga jarang menyebabkan perdarahan. Pada orang dewasa, gejala nyeri sendi dan otot sangat dominan dan sampai menimbulkan kelumpuhan sementara karena rasa sakit bila berjalan. Kadang-kadang timbul rasa mual sampai muntah. Pada umumnya demam pada anak hanya berlangsung selama 3 hari dengan tanpa atau sedikit sekali dijumpai perdarahan maupun syok.

Satu-satunya cara mencegah penyakit ini adalah menghindari gigitan nyamuk pembawa virusnya. Nyamuk ini senang hidup dan berkembang biak di genangan air bersih. #PUTUS_PERINDUKANNYA


Referensi:

diskes.baliprov.go.id
halodoc.com