LOGO lingsar
Beranda > Berita > Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Upt Blud Sigerongan Lakukan Pemeriksaan…
Berita Utama

Peringati Hari Hipertensi Sedunia, UPT BLUD Sigerongan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Posting oleh lingsarlobar - 20 Sep. 2022 - Dilihat 192 kali

Memperingati Hari Hipertensi Sedunia, UPT BLUD Sigerongan  Kecamatan Lingsar menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dipusatkan di Aula Kantor Desa Karang Bayan, Selasa (20/9/22).

Camat Lingsar, Marzuqi, S.A.P.  menjelaskan, kegiatan tersebut di fokuskan pada deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular dan pemeriksaan kesehatan secara umum, khususnya pengukuran tekanan darah.

Tujuannya kata Marzuqi, membantu masyarakat khususnya yang berusia 15 tahun ke atas untuk mengetahui tekanan darahnya dan mencegah hipertensi lebih dini. Saat ini kata dia, hipertensi menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang masyarakat perkotaan.

"Pencegahan tentu saja lebih baik dibandingkan mengobati penyakit. Penyakit hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada penderitanya, " ujar Marzuqi di sela-sela kegiatannya.

Ditambahkan, Penyakit hipertensi dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat, mengendalikan prilaku berisiko dan rajin mengecek kesehatan secara berkala. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan rajin aktifitas fisik dan banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Acara ini terselengggara atas kolaborasi Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Pemerintah Desa Karang Bayan dan UPT BLUD Puskesmas Sigerongan.

Sementara itu, Danposramil Lingsar Pelda Budi Sujarwo yang mendampingi Camat Lingsar mengatakan dengan mendekatkan upaya pencegahan ke kesehatan ke desa, semakin meminimalisir paradigma lama bahwa orang takut berobat karena takut ketahuan punya penyakit. Itu salah satu masalah di masa lalu yang menyebabkan kenapa banyak penyakit yang ternyata datang dalam kondisi yang sudah terlambat

 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *