LOGO lingsar
Beranda > Artikel > 8 Cerita Motivasi Untuk Sukses
Artikel

8 Cerita Motivasi Untuk Sukses

Posting oleh lingsarlobar - 23 Agu 2022 - Dilihat 429 kali

 

Kesuksesan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh semua orang, dalam semua bidang, baik percintaan, karir ataupun dalam kehidupannya. Seberat dan sesulit apapun tantanganya, pasti akan dilewatinya agar kesuksesan itu dapat diraih. Ada 8 sifat atau karakter yang dapat menunjang agar kesuksesan yang anda harapkan dapat terwujud, yaitu: 

1. JUJUR
2. TANGGUNG JAWAB
3. VISIONER
4. DISIPLIN

5. KERJASAMA
6. ADIL
7. PEDULI
8. KERJA KERAS

Di bawah ini ada 8 cerita motivasi yang berhubungan dengan setiap karakter di atas, silahkan disimak:



1. JUJUR

 Pada pertengahan Agustus lalu, seorang korban Lumpur Lapindo mengembalikan uang pengganti sebesar RP> 429JT. Berdasarkan perjanjian, pada pembayaran pertama ia hanya akan menerima 56JT yaitu 20% dari total RP.285JT yang berhak ia terima. namun ia menerima Transfer sekitar RP.486JT. Laki2 yang bernama "Waras" tersebut kemudian mengembalikan uang tersebut kepada pihak PT. Lapindo.
Hal itu tentu saja dianggap hal yang langka, karena "waras" bukanlah orang yang kaya, dan tidak perlu uang. Anak dan menantunya saja pengangguran. Dalam wawancaranya dengan Televisi mengapa Ia mengembalikan uang sebesar ratusan juta tersebut. Dalam bahasa Jawa ia menjawabnya, "Kulo wedi duso Pak, niku sanes hak kulo!" Yang Artinya, "Saya takut dosa Pak, itu bukan hak saya
Sesulit apapun keadaan kita, kita harus tetap memegang teguh kejujuran, agar mendapat kepercayaan dari orang lain.


 

2. TANGGUNG JAWAB 

 Seorang wanita mengandung yang diperkirakan akan cacat. Keluarga besarnya-pun menyuruhnya untuk menggugurkan anak tersebut. Namun rasa keibuannya membuatnya memutuskan lain. "Ini anakku, darah dagingku sendiri, tidak mungkin aku gugurkan," ujarnya.
Ia pun kemudian melahirkan seorang bayi perempuan yang ternyata memang cacat, dan bayi tersebut hanya mempunya empat jari tangan, dan kakinya hanya sebatas lutut dan mengalami keterbelakangan mental. Namun sang ibu menerima bayi itu dengan penuh sukacita.
Ia mengajari anaknya bermain piano pada umur 7thn, padahal memegang pensil pun ia tak bisa. Kakinya tak mampu menginjak pedal, karena itu pedal pianonya di tinggikan. Dan sang Ibu terus melatih anaknya bermain piano, ia pun memanggil guru Les, untuk meningkatkan kemampuannya dalam bermain piano.
Namun cobaan berat pun datang, seluruh keluarga itu menderita sakit. Kakisi anak pun harus di operasi, suaminya sakit parah, dan Sang ibu pun terkena kanker payudara. namun ia terus berjuang untuk mengatasi semua persoalan keluarganya.
Ketika sang anak mulai mogok maen piano, ia terus memotivasi anaknya, "Tenang saja, Tuhan akan membantu dan berada di sampingmu. Karena kamu punya kekurangan, Tuhan pasti akan memberimu kelebihan dari sisi lain .
Bertahun-tahun berlalu, anak itu kemudian menjadi pianis handal. Ia keliling dunia untuk menggelar konser, meski hanya dengan 4 jari. Pianis itu bernama Hee Ah Lee yang kini menjadi warga kehormatan Korea. Kesuksesan Hee Ah Lee tak mungkin diraih tanpa sosok sang Ibu. Berkat Ibunya, Ia mampu berkembang sesuai arti namanya "Sukacita terus tumbuh seperti tunas pohon".
Itulah contoh yang baik mengenai tanggung jawab dan kita harus bisa mencontoh tanggung jawab seorang Ibu yang ada di cerita di atas. 


 

3. VISIONER

 Ketika meninggal Walt Disney-tokoh industri kartun dunia menerima 900 tanda kehormatan, 32 Piasa Oscar, 5 penghargaan Emmy dan 5 gelar Doktor Honoris Causa. Apa yang membuatnya mendapat penghargaan begitu banyak dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia?? Jawabannya adalah karena ia telah mewujudkan impiannya yang dianggap sebagian orang mustahil.
Ketika suatu hari berjalan-jalan di taman dengan kedua putrinya, tiba-tiba ia membayangkan sebuah taman wisata yang sangat luas yang dipenuhi dengan anak-anak bersama keluarganya. Saat mimpi untuk menciptakan Disneyland muncul, maka tak ada yang seorang pun yang menahan keinginannya atau mengubah keputusannya. Lalu walt Disney pun berhasil menciptakan sebuah taman wisata yang sangat luas yaitu Disneyland.
Berkat mimpinya itu, hingga tahun 1985 saja, pengunjung Disneyland sudah sampai yang ke-250jt. Karena itulah Disney selalu menjadi contoh sosok yang memiliki VISI jauh kedepan.
Jadikan mimpimu sebagai cita-cita yang harus kamu raih, karena untuk menjadi sukses, kita harus punya mimpi. Tapi tentu saja harus dibarengin dengan kerja keras.

 

 

4. DISIPLIN

 Michael Phelps, perenang pertama dalam sejarah Olimpiade yang menang 8 medali emas dalam 1 turnamen, tidak mungkin berhasil jika tidak berlatih dengan disiplin. Mark Spitsz, perenang yang rekor perolehan medali emasnya 7 buah di Olimpiade 1972-di kalahkan Phelps berkata, "Kita semua menyukai kemenangan, tetapi tidak banyak dari kita yang menyukai latihan dengan penuh kedisiplinan".
Untuk mencapai prestasi tersebut para atlet harus melalui latihan keras secara disiplin hari demi hari, bulan demi bulan, bahkan tahun demi tahun. Banyak di antara kita yang ingin sukses dalam kehidupannya tapi enggan untuk melakukan sesuatu kebiasaan secara disiplin untuk menunjang keberhasilan tersebut.
Disiplin juga penting sekali. Tak ada keberhasilan yang dapat diraih tanpa kedisiplinan, disiplin dalam belajar, dan disiplin dalam berlatih.


 

5. KERJASAMA

 Diantara dari sekian banyak contoh untuk diteladani dalam hal kerjasama, yang paling membuat takjub yaitu kehidupan lebah, anda tahu kenapa??? Karena seekor lebah tidak mungkin selamat dan bertahan dalam menghadapi musim dingin atau musim panas, jika terlepas dari kelompoknya. Karena lebah mendinginkan dan memanaskan sarangnya sesuai dengan kebutuhan dengan cara bekerjasama.
Ketika musim dingin tiba, mereka berbagi tugas. Dinginnya udara yang menusuk tubuh ternyata dapat ditangkal dengan cara khusus. Sebarisan Lebah pekerja yang berada dilapisan terluar akan mengepakkan sayap mereka dengan kecepatan tertentu, sehingga menjadi lapisan pelindung dari dinginnya udara. Dan berkat lapisan yang rapat ini, suhu di dalam sarang tetap terasa nyaman. Dan yang dilindungi lebah dengan mengepakkan sayapnya tersebut adalah Lebah Ratu, Lebah Pejantan, dan para Lebah Pekerja lainnya.
Jika Lebah yang mengepakkan sayapnya kelelahan, maka lebah pekerja yang didalamnya tidak tinggal diam. Mereka bersiap-siap keluar tuk menggantikan tugas menangkaL udara yg dingin. Menurut penelitian, pergantian "shift" ini berlangsung 20 menit sekali.
Pada musim panas, lebah-lebah ini juga tak berarti santai. Mereka harus tetap menjaga suhu sarangnya agar tetap stabil, dengan menggunakan cara yang sama. Dengan Kerjasama tersebut, pada temperatur ekstrim panas maupun dingin, lebah-lebah bisa bertahan hidup.
Itulah kehidupan para lebah. Hal itu mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita. Adakalanya kita menghadapi cobaan hidup yang EKSTRIM, seperti berbagai bencana yang kita alami. Tetapi dengan BEKERJASAMA, BERBAGI TUGAS, maka semua kesulitan dapat di atasi.  


 

6. ADIL

 Bao Zheng (999-1062) adalah seorang hakim yang terkenal karena keadilan dan kejujurannya pada jaman Dinasty Song Utara. Karena itulah dia mendapat julukan Bao Qingtian yang berarti Bao Si Langit Biru.
Bao dilahirkan dalam keluarga yang sederhana, walaupun dalam keadaan yang sederhana tetapi orangtuanya tetap menyekolahkannya dengan baik. Karena kehidupannya yang sederhana itulah Bao mengerti keadaan Rakyat Jelata, sehingga paham dengan beban hidup masalah mereka. Inilah yang membuatnya benci terhadap KORUPSI dan bertekad untuk menegakkan keadilan dan kejujuran.
Kaisar Song Renzong terkesan atas kecerdasan dan bakat Bao, sehingga ia memberi jabatan sebagai hakim di Bian Ibukota Dinasti Song. Bao terkenal dengan pendiriannya yang tak kenal kompromi terhadap para pejabat yang KORUPSI.
Sejarah mencatat bahwa selama 30 tahun semenjak Bao menjabat, lebih dari 30 orang pejabat tinggi termasuk beberapa menteri dipecat atau diturunkan pangkat olehnya karena tuduhan Korupsi, Kolusi, melalaikan tugas, dll.
Dalam menjalankan tugasnya sebagai hakim yang adil, Bao tak pernah merasa terancam jabatannya akan lepas. Ia begitu konsisten dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itulah ia senantiasa diabadikan dalam berbagai Karya Seni.
Itu menunjukan bahwa KEADILAN adalah nilai yang tak pernah Lekang sepanjang masa. Bagaimana dengan jaman sekarang? Masih adakah orang yg kayak Hakim Bao? 


 

7. PEDULI

 Tahun 1974 kemiskinan dalam tingkat yang sangat serius melanda Bangladesh. Bencana kelaparan terjadi diseluruh pelosok negeri tersebut. Kenyataan itu begitu membebani pikiran Muhammad Yunus yang kala itu menjadi dosen Universitas Chittagong.
Ia pun tersentak menemui kenyataan bahwa keluarga miskin disekitar kampusnya tetap sulit mencari makanan, walaupun mereka bekerja 12 jam sehari. Sebagai orang yang berpendidikan tinggi, Yunus merasa gelisah, karena teori Ekonomi yang dipelajari bertahun-tahun dari Luar negri tidak dapat menyelesaikan masalah ini. Yunus pun memutuskan untuk terjun ke dunia orang miskin agar dapat menyelami kehidupannya secara langsung.
Dari seorang wanita pembuat bangku dari bambu, Yunus mendapat pencerahan bahwa ketiadaan modal membuat wanita itu terjerat rentenir yang hanya memberikan selisih keuntungan sekitar 2 sen. Ia pun menyadari bahwa hanya dengan modal 22 sen saja para wanita pengrajin bangku bisa terlepas dari ikatan rentenir itu. Jumlah uang yang sangat kecil.
Kepada 42 keluarga yang mengalami permasalahan yang serupa, Yunus memberikan kredit sejumlah US $ 27. Pinjaman yang di berikan kurang dari US$ 1 per-orang itu mampu menigkatkan omset seorang pembuat bangku dari sekitar 4 sen per-hari menjadi US $ 1,25 per-hari.
Pada tahun 1976 Yunus mendirikan Grameen Bank. Bank for the Poor, yang memberi pinjaman pada kaum miskin. Tak hanya orang miskin, para pengemis pun mendapat kesempatan untuk mendapatkan modal. Menurutnya pengemis juga merupakan bagian dari Wirausaha (entrepreuner) mikro yang perlu di bantu agar sanggup keluar dari belenggu kemiskinan. Jutaan nasabahnya berasal dari kalangan yang kurang beruntung.
Kepeduliannya kepada orang2 miskin juga dipertanyakan oleh orang sekitarnya. Ketika ada yang bertanya "Mengapa Yunus tidak menggunakan anggunan pada para nasabah sebagai jaminan kalau mereka tak mampu membayarnya" Yunus berkata "Jika mereka tidak membayar karena memang tidak bisa bayar dan itu berarti mereka dalam kesulitan dan lebih memerlukan pertolongan dari pada sebelumnya. Dan mereka harus ditolong dan bukannya dihukum."
Hingga saat ini, Grameen Bank telah mengangkat hampir 50% dari 7 Juta peminjamnya dari batas garis kemiskinan. Kini telah berdiri 2.431 cabang di 78.659 desa di Bangladesh. Prinsip Grameen Bank kini telah diadopsi di 100 Negara di Lima Benua.
Berkat kepedulian Yunus pada Orang miskin, lebih dari 30 Penghargaan Internasional dan sekitar 27 Gelar kehormatan dari berbagai perguruan tinggi. Dan puncaknya Muhammad Yunus memenangkan hadiah Nobel Perdamaian 2006, dan juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XII 2001.


 

8. KERJA KERAS

 Anda tahu Thomas Alfa Edison? Beliau menciptakan ratusan bahkan ribuan "calon" bola lampu, dan semua "calon" bola lampu tersebut tidak dapat bersinar/hidup secara lama, akan tetapi Thomas Alfa Edison dengan semangat kerja kerasnya (Fighting Spirit) beliau berhasil menciptakan bola lampu yang dapat bersinar lebih lebih lama dibanding semua "calon" bola lampunya. Dan dari sumber yang saya baca beliau menciptakan lebih dari 6000 jenis "calon" bola lampu.   Berarti dari 6000++ yang bisa dikatakan berhasil hanya 1, jadi hanya dengan semangat kerja keras yang tinggi, dia dapat meraih keberhasilannya.

Sumber : http://iniceritainspiratif.blogspot.com/2018/09/8-cerita-motivasi-untuk-sukses.html