LOGO lingsar
Beranda > Artikel > Jangan Malas Di Hari Senin, Ini Keutamaan Hari Senin Dalam Islam
Artikel

Jangan Malas di Hari Senin, Ini Keutamaan Hari Senin dalam Islam

Posting oleh lingsarlobar - 8 Agu 2022 - Dilihat 1.308 kali

Dalam pandangan Islam, hari senin adalah hari yang baik dan memiliki keutamaan. Lantas, apa saja keutamaan hari senin?

 

Mungkin banyak orang yang tidak menyukai hari senin.

 

Biasanya karena sudah terlalu nyaman dengan liburan di hari minggu, sehingga malas untuk kembali beraktivitas di hari senin.

 

Berbagai Keutamaan Hari Senin dalam Islam

 

1. Nabi Muhammad lahir, mendapat wahyu, dan meninggal dihari senin

 

Nabi Muhammad lahir dan meninggal pada hari senin, Rasulullah pun mendapat wahyu di hari tersebut.

 

Dari hadis Abu Qatadah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

 

“Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Alquran kepadaku pada hari tersebut.” (Ini merupakan bagian dari hadis Abu Qatadah al-Anshari Radhiyallahu anhu yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya (II/819) Kitaabush Shiyaam).

 

Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu bertanya kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha:

 

“Pada hari apa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat? Aisyah menjawab: Hari senin.” (HR. Bukhari).

 

2. Semua amalan para hamba diangkat

 

Keutamaan hari senin yakni semua amalan para hamba diangkat.

 

Maka dari itu, Rasulullah menganjurkan puasa sunnah yaitu puasa senin dan kamis.

 

“(pahala) Amalan di angkat pada hari senin dan kamis, maka aku menyukai jika ketika amalanku di angkat aku dalam keadaan berpuasa.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 

3. Hari mendapatkan ampunan

 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

 

4. Pintu-pintu surga akan terbuka

 

Selain amalan akan diangkat, pintu-pintu langitpun akan terbuka. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

 

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

 

5. Hari dimana Rasul tiba di Madinah saat hijrah

 

Urwah bin Az-Zubair rahimahullah berkata:

 

“Lalu penduduk Madina menemui Rasulullah di daerah Al-Harrah (tempat berbatu hitam di Madinah), lalu Rasulullah beralih bersama mereka ke sebelah kanan sampai beliau singgah bersama mereka di rumah Bani ‘Amru bin ‘Auf, dan saat itu adalah hari senin dari bulan Rabiul Awwal”. (Sahih Bukhari).

 

6. Hari yang dianjurkan Rasul untuk puasa

 

“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sunguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya).

 

6. Hari yang baik untuk berobat

 

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

“Berbekamlah pada hari Senin dan Selasa karena sesungguhnya pada hari itu Allah menyembuhkan Ayyub dari penyakit.” (Sunan Ibnu Majah: Hasan).

 

Semoga dengan mengetahui apa saja keutamaan hari senin, dapat meningkatkan semangat kita dalam menjalankan aktivitas di hari senin ya.