LOGO lingsar
Beranda > Berita > Pelayanan Kb Terintegrasi Tni Manunggal Di Gelar Di Pkm Lingsar
Berita Utama

Pelayanan KB Terintegrasi TNI Manunggal di Gelar di PKM Lingsar

Posting oleh lingsarlobar - 9 Sep. 2022 - Dilihat 244 kali

Pelayanan KB Terintegrasi TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022 di Wilayah Kecamatan Lingsar dilaksanakan di di Puskesmas Lingsar, Jum’at (9/9/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forkompimcam Lingsar, Kepala UPT BLUD Puskesmas Lingsar, Kepala UPT DP2KBP3A Kecamatan Lingsar, Kepala Desa Batu Kumbung, tenaga kesehatan dan masyarakat.

Kepala Puskesmas Lingsar, Mujahid Fitriadi, SKM. M.Si, mengatakan Tujuan Pelayanan KB Terintegrasi TNI Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan Terpadu Tahun 2022 adalah untuk mengatur jarak kelahiran, agar anak-anak bisa mendapat perhatian yang lebih/fokus dari orang tua dan termasuk fokus dalam penanganan stunting. Jadwal pelaksanaan Pelayanan KB Terintegrasi TNI Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan Terpadu Tahun 2022 di mulai dari hari Selasa 23 Agustus 2022 s/d  hari Jum'at 30 September 2022, kami berharap agar masyarakat antusias mendukung dan mengikuti Program KB yang telah di luncurkan oleh Pemerintah. Kegiatan tersebut dirangkai dengan Pelayanan KB Terintegrasi TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu melibatkan 40 peserta, yakni IUD 2 orang, dan implan 38 orang. Ujarnya.

Sementara itu, Camat Lingsar, Marzuqi, S.A.P., melalui sambungan telpon mengatakan Angka pertumbuhan di Indonesia terus meningkat, berdasarkan data sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2020 jumlah penduduk di Indonesia sebanyak 270 juta jiwa atau 32.56 persen mengalami peningkatan.

"Dibanding dengan hasil sensus penduduk tahun 2010, laju pertumbuhan penduduk per tahun selama 2010 - 2020 rata rata sebesar 1,25 persen," ucapnya.

Ia menambahkan, dampak angka kelahiran yang cukup besar, jika tidak diimbangi dengan pendidikan yang tinggi, gizi dan kesehatan yang cukup, maka akibatnya akan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak berkualitas serta menambah angka stunting.

"Oleh karena itu, kedepan kita harus terus berusaha menekan laju pertumbuhan penduduk, kalau tidak, kita akan menjadi negara yang besar penduduk tapi tidak berkualitas," tuturnya.

Marzuqi berharap, dengan adanya kegiatan TMKK ini dapat memberikan kemaslahatan dan keberhasilan dalam pelaksanaan program KB-Kesehatan serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus mencegah dan menurunkan angka stunting di Kecamatan Lingsar pada khususnya dan Kabupaten Lombok Barat pada umumnya.

Danposramil Lingsar, Pelda Budi Sujarwo, mengatakan bahwa pelayanan KB terintegrasi bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya berperan serta dalam mendukung program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (KB) atau program Bangga Kencana serta Kesehatan serta meningkatkan hubungan antara TNI dengan pemerintah dan masyarakat, ujarnya.

” Dengan harapan dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta ikut serta melaksanakan percepatan penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Lombok Barat, ” pungkasnya.

 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *