LOGO lingsar
Beranda > Berita > Pemdes Batu Kumbung Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap Viii B…
Berita Utama

Pemdes Batu Kumbung Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap VIII Bulan Agustus 2022

Posting oleh lingsarlobar - 9 Agu 2022 - Dilihat 119 kali

Sebagai jaring pengaman sosial dimasa pandemi dan untuk menopang daya beli masyarakat agar perekonomian desa produktif dan bergerak. Pemerintah Desa Batu Kumbung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 176 keluarga penerima manfaat (KPM) bertempat di Aula Kantor Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar, Selasa (9/8/2022).

Pembagian BLT tersebut dihadiri oleh seluruh KPM dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19.

Kepala Desa Batu Kumbung H. Wirya Adi Saputra menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai yang dibagikan pada tahap VIII adalah untuk pembayaran bulan Agutus Tahun Anggaran 2022, adapun nilai BLT yang disalurkan adalah sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya. Penyaluran BLT dilakukan tanpa menunggu turunnya Dana Desa secara keseluruhan, karena Pemerintah lebih mengutamakan penyaluran BLT dengan syarat pengajuan Dana Desa telah dilaksanakan.

“Sesuai petunjuk dari Dinas PMD dan Kantor Camat Lingsar, BLT ini tidak boleh ditahan-tahan harus segera kita salurkan,” ucapnya.

H. Wirya Adi Saputra menuturkan, bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihaknya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya penginputan Dana Desa yang dilakukan secara online. Selain itu, Pemdes juga membutuhkan kelengkapan data dari Keluarga Penerima Manfaat dan Pemdes juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama dan jumlah penerima BLT tersebut.

“Kita berusaha setelah penyaluran BLT ini untuk segera menyampaikan pertanggungjawabannya sekaligus pengajuan untuk tahapan berikutnya. Karena jika laporan pertanggungjawaban belum selesai maka pengajuan untuk tahap selanjutnya juga tidak bisa dilakukan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Lingsar melalui Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Rina Ilmida, menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Pemerintah Desa serta stakeholder yang telah bekerja keras dalam menyiapkan kegiatan pembagian penyaluran BLT-DD ini. Dengan harapan bantuan BLT-DD yang di terima oleh Warga Desa Batu Kumbung tersalur pada Masyarakat memang betul-betul membutuhkan dan tepat sasaran.

Selanjutnya Rina meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak menimbulkan kegaduhan di Masyarakat dalam menyikapi bantuan BLT yang tersalur melalui dana Desa ini.

"Ini merupakan komitmen Pemerintah Pusat untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui dana Desa di peruntukkan bagi warga yang memang betul-betul membutuhkan akibat wabah pandemi Covid-19." Ucap Rina.

Penyaluran bantuan tunai tersebut turut dihadiri Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Lingsar, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lombok Barat, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, BPD Batu Kumbung, Babinsa, Bhabinkamtibmas.

 


Tags:

Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *